DINAMIKA PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT DI AREA PERUSAHAAN (Studi Kasus : Kelompok Batik di Kecamatan Kerek, Tuban)

Authors

  • Beti Nur Hayati UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.20414/komunitas.v12i2.4192

Keywords:

dinamika, program pengembangan masyarakat, perusahaan, kelompok batik

Abstract

Salah satu pendekatan yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan masyarakat sekitarnya adalah dengan pemberdayaan  yang diwujudkan dengan pembentukan kelompok batik.  Pelaksanaannya sebuah kelompok tentu mengalami dinamika, mengalami pasang surut sampai akhirnya mendapatkan suatu sistem tepat sehingga program tersebut dapat berkelanjutan dan memberikan dampak pada masyarakat. Tujuan  artikel untuk melihat dinamika program pengembangan masyarakat area perusahaan kelompok batik di Kecamatan Kerek Tuban. Terdapat 2 pendampingan program batik yaitu pendampingan batik tulis pewarna alami dan program batik cap pewarna alami. Masing-masing program memiliki dinamikanya yang mempengaruhi jumlah peserta program. Hasilnya  peningkatan produksi batik cukup memberikan dampak  pengembangan kapasitas peserta melalui inovasi proses memproduksi batik. Namun idealitas tujuan program belum tercapai karena realitasnya terdapat aspek yang kurang sesuai dengan lokalitas masyarakat. Sehingga pelaksanaannya kurang maksimal. Pemberdayaan adalah sebuah proses, dibutuhkan beberapa langkah untuk mencapai kondisi ideal. Pemetaan sosial belum tentu bisa menjamin keberhasilan program. Diperlukan trial and error kegiatan untuk mencapai keberhasilan suatu program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat, dan Intervensi Komunitas : Pengantar Pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Hayati, Beti Nur. 2020. Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Ternak Lancar Rejeki. Jurnal Sosiologi USK Vol 14 No. 1

Hayati, Beti Nur. 2017.Kemitraan Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami di PT. Semen Gresik Pabrik Tuban . Jurnal Sosiologi USK Vol 11No. 1

Hayati, Beti Nur. 2020. Powerfullness Komunitas: Refleksi Pendampingan Kelompok Tani Pada Program Kampung Pisang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No. 1

Hizam, Sheikh Muhamad, Zulkarnian Iylia Syazana Binti Othman, Mohammad Mohammad Amin, Zalina Zainudin, and Mohd Faiq Abdul Fattah. “Corporate Social Responsibility in Malaysia.” International Journal of Financial Research 10, no. 5 Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 4, No. 1 (2020), pp. 231-256 253 Powerfulness Komunitas (2019). https://doi.org/10.5430/ijfr.v10n5p381.

Husain, Fadly, Gunawan Gunawan, Thriwaty Arsal, Asma Luthfi, and Hartati Sulistyo Rini. “Jaringan dan Sistem Sosial dalam Distribusi Komoditas Pertanian Lahan Kering.” JSW: Jurnal Sosiologi Walisongo 2, no. 2 (November 15, 2018): 123–36. https:// doi.org/10.21580/jsw.2018.2.2.2893.

Idemudia, Uwafiokun, and Nedo Osayande. “Assessing the Effect of Corporate Social Responsibility on Community Development in the Niger Delta: A Corporate Perspective.” Community Development Journal 53, no. 1 (2018): 155–72. https://doi. org/10.1093/cdj/bsw019.

Ife, Jim, and Frank Tesoriero. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Ife, Jim. 1995 .Community Development: Creating Community Alternatives Vision Analysis & Practise. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pty Ltd.

Sumodiningrat, Gunawan. 2009. Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa: Menanggulangi Kemiskinan dengan Prinsip Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Usman S. 2010. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Usman, Sunyoto. Esai-Esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015. Wahyudi, Imam. “CSR Disclosure–Legitimacy dan Perubahan Retorika.” Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 21, no. 1 (2017): 70–80. https://doi.org/10.20885/jaai.vol21.iss1.art7.

Wijijayanti, Trisetia, Yuli Agustina, Agung Winarno, Lulu Nurul Istanti, and Buyung Adi Dharma. “Rural Tourism: A Local Economic Development.” Australasian Accounting, Business and Finance Journal 14, no. 1 Special Issue (2020): 5–13. https://doi. org/10.14453/aabfj.v14i1.2.

Worokinasih, Saparila, and Muhammad Lutfi Zuhdi Bin Mohamad Zaini. “The Mediating Role of Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure on Good Corporate Governance (GCG) and Firm Value.” Australasian Accounting, Business and Finance Journal 14, no. 1 (2020): 88–96. https://doi.org/10.14453/aabfj.v14i1.9

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Hayati, B. N. (2021). DINAMIKA PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT DI AREA PERUSAHAAN (Studi Kasus : Kelompok Batik di Kecamatan Kerek, Tuban). KOMUNITAS, 12(2), 132–143. https://doi.org/10.20414/komunitas.v12i2.4192