MEMBANGUN MASYARAKAT MEMBERDAYAKAN LITERASI ANAK DALAM PERSPEKTIF SEKOLAH PERJUMPAAN: STUDI DI DUSUN BANGKET BILONG, DESA KARANG BONGKOT, LABUAPI LOMBOK BARAT

Authors

  • Muhammad Reza Alvin Alghifari
  • Ahmad Fatoni UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/komunitas.v13i2.5957

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Literasi Anak, Sekolah Perjumpaan

Abstract

Abstrak: Sekolah perjumpaan merupakan alternatif sekaligus cara ampuh dalam mengoptimalkan pembelajaran hati. Kesadaran akan relasi interpersonal atau intersubyektif antara guru dan murid serta lingkungan sekitarnya sangat ditekankan guna mengentaskan masalah pembelajaran yang selama ini disamakan dengan pembelajaran Sains. Metode yang digunakan berupa metode Dialog Perjumpaan di mana semua orang  dipandang sama dan setara. Dialog Perjumpaan menuntut penyatuan hati untuk bisa berkolaborasi guna mencapai tujuan bersama. Kaitannya dengan masalah tujuan Pendidikan  literasi anak, Sekolah Perjumpaan menginginkan adanya pembenahan terhadap proses pembelajaran sosial bagi anak. Interaksi sosial yang kurang antara guru dan murid disertai dengan pengaruh media yang banyak mendistorsi  bahasa  komunikasi  yang  positif  menjadikan  nilai-nilai yang ingin  ditanamkan  hanya  sebatas  pengetahuan guna untuk menyelesaikan tugas sekolah semata. Konsep   Sekolah   Perjumpaan menekankan pentingnya pembelajaran praksis dengan kesadaran intersubyektivitas. Perjumpaan yang positif serta menumbuhkan kerjasama guna mencapai tujuan pembelajaran yang  diinginkan  akan dengan sendirinya mengatasi permasalahan Intoleransi kenakalan remaja di sekolah dan lingkungannya.

                                                                                                                                                

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hurairah.A. (2008) Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Krakyatan, Bandung: Humaniora.

Alimuddin. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Karakter.

David A. Hardcastle, Patricia R. Powers dan Stanley Wenocur, (2004) Community Practice Theories and Skills for Social Workers, New York: Oxford University Press, Inc.

Hikmat, Harry (2010) Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Humaniora.

Hasanah, A., & Mardikantoro, H. B. (2017). Konstruksi Realitas Seratus Hari Pertama Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di Media Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 233–243.

Husni Muadz, (2015) Kuadran Pembelajaran. Jakarta: GH Publishing

Husni Muadz, (2017) Sekolah Perjumpaan, Mataram: Dewan Pakar PBNW

Husni Muadz,( 2015) Anatomi Sistem Sosial. Jakarta: GH Publishing.

Isbandi Rukminto Adi, (2008) Intervensi Komunitas: Pengambangan Masyarakat sebagi upaya Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Rajawali Pers.

Jhon Searle dan M. Bierwisch Kiefer, ( 1980) Speech Act Theory and Pragmatics. London: Reidel Publishing.

Muadz, M. H. (2017b). sekolah Perjumpaan (pertama; M. Firdaus, ed.). Mataram: Dewan Pakar PB NW.

Muadz, M. H.,dkk. (2017a). Sekolah Perjumpaan: Normalisasi Menuju Relasi Sosial yang Terbuka, Toleran dan Saling Berterima pada Masyarakat yang Hiterogen (Pertama; M. Firdaus, ed.). Mataram: GH Publishing.

Profil Sekolah Perjumpaan, 2017

Rhonda Phillips and Robert H. Pittman,(2009) An Introduction to Community Development, New York: Routledge.

Sabry, M. S. (2018). Wawasan al-Qur’an tentang hoaks (suatu kajian tafsir tematik). Tafsere.

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241.

Sukitman, T. (2012). Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural. Jurnal Pelopor Pendidikan.

Rohman, M. (2015). Jurnal Madaniah. Problematika Kurikulum Pendidikan Islam. Volume 8 Januari.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993.

Tim Penyusun, (2017). Buku Panduan Sekolah Perjumpaan.

Ustadz Sairi,( 2017) Wawancara.

Wahab & Muntakhib, (2019). Hasil Penelitian Sekolah Perjumpaan Sebuah Model Penguatan Pendidikan Karakter.

Wardi Moh, (2013). Jurnal Tadris. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatut Thullab Sampang. Volume 8 Nomor 1 Juni.

Downloads

Published

02-01-2023

How to Cite

Alghifari, M. R. A., & Fatoni, A. (2023). MEMBANGUN MASYARAKAT MEMBERDAYAKAN LITERASI ANAK DALAM PERSPEKTIF SEKOLAH PERJUMPAAN: STUDI DI DUSUN BANGKET BILONG, DESA KARANG BONGKOT, LABUAPI LOMBOK BARAT. KOMUNITAS, 13(2), 115–132. https://doi.org/10.20414/komunitas.v13i2.5957