MEMBANGUN MASYARAKAT MEMBERDAYAKAN LITERASI ANAK DALAM PERSPEKTIF SEKOLAH PERJUMPAAN: STUDI DI DUSUN BANGKET BILONG, DESA KARANG BONGKOT, LABUAPI LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.20414/komunitas.v13i2.5957Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Literasi Anak, Sekolah PerjumpaanAbstract
Abstrak: Sekolah perjumpaan merupakan alternatif sekaligus cara ampuh dalam mengoptimalkan pembelajaran hati. Kesadaran akan relasi interpersonal atau intersubyektif antara guru dan murid serta lingkungan sekitarnya sangat ditekankan guna mengentaskan masalah pembelajaran yang selama ini disamakan dengan pembelajaran Sains. Metode yang digunakan berupa metode Dialog Perjumpaan di mana semua orang dipandang sama dan setara. Dialog Perjumpaan menuntut penyatuan hati untuk bisa berkolaborasi guna mencapai tujuan bersama. Kaitannya dengan masalah tujuan Pendidikan literasi anak, Sekolah Perjumpaan menginginkan adanya pembenahan terhadap proses pembelajaran sosial bagi anak. Interaksi sosial yang kurang antara guru dan murid disertai dengan pengaruh media yang banyak mendistorsi bahasa komunikasi yang positif menjadikan nilai-nilai yang ingin ditanamkan hanya sebatas pengetahuan guna untuk menyelesaikan tugas sekolah semata. Konsep Sekolah Perjumpaan menekankan pentingnya pembelajaran praksis dengan kesadaran intersubyektivitas. Perjumpaan yang positif serta menumbuhkan kerjasama guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan akan dengan sendirinya mengatasi permasalahan Intoleransi kenakalan remaja di sekolah dan lingkungannya.
Downloads
References
Hurairah.A. (2008) Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Krakyatan, Bandung: Humaniora.
Alimuddin. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Karakter.
David A. Hardcastle, Patricia R. Powers dan Stanley Wenocur, (2004) Community Practice Theories and Skills for Social Workers, New York: Oxford University Press, Inc.
Hikmat, Harry (2010) Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Humaniora.
Hasanah, A., & Mardikantoro, H. B. (2017). Konstruksi Realitas Seratus Hari Pertama Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di Media Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 233–243.
Husni Muadz, (2015) Kuadran Pembelajaran. Jakarta: GH Publishing
Husni Muadz, (2017) Sekolah Perjumpaan, Mataram: Dewan Pakar PBNW
Husni Muadz,( 2015) Anatomi Sistem Sosial. Jakarta: GH Publishing.
Isbandi Rukminto Adi, (2008) Intervensi Komunitas: Pengambangan Masyarakat sebagi upaya Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Rajawali Pers.
Jhon Searle dan M. Bierwisch Kiefer, ( 1980) Speech Act Theory and Pragmatics. London: Reidel Publishing.
Muadz, M. H. (2017b). sekolah Perjumpaan (pertama; M. Firdaus, ed.). Mataram: Dewan Pakar PB NW.
Muadz, M. H.,dkk. (2017a). Sekolah Perjumpaan: Normalisasi Menuju Relasi Sosial yang Terbuka, Toleran dan Saling Berterima pada Masyarakat yang Hiterogen (Pertama; M. Firdaus, ed.). Mataram: GH Publishing.
Profil Sekolah Perjumpaan, 2017
Rhonda Phillips and Robert H. Pittman,(2009) An Introduction to Community Development, New York: Routledge.
Sabry, M. S. (2018). Wawasan al-Qur’an tentang hoaks (suatu kajian tafsir tematik). Tafsere.
Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241.
Sukitman, T. (2012). Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural. Jurnal Pelopor Pendidikan.
Rohman, M. (2015). Jurnal Madaniah. Problematika Kurikulum Pendidikan Islam. Volume 8 Januari.
Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993.
Tim Penyusun, (2017). Buku Panduan Sekolah Perjumpaan.
Ustadz Sairi,( 2017) Wawancara.
Wahab & Muntakhib, (2019). Hasil Penelitian Sekolah Perjumpaan Sebuah Model Penguatan Pendidikan Karakter.
Wardi Moh, (2013). Jurnal Tadris. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatut Thullab Sampang. Volume 8 Nomor 1 Juni.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Reza Alvin Alghifari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.