STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERIMAAN SANTRI BARU DI MA. UNWANUL FALAH NWDI PAOK LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.20414/mudabbir.v5i1.10145Keywords:
Keywords: Communication Strategy, New Santri, Unwanul FalahAbstract
Banyaknya jumlah madrasah atau sekolah agama saat ini menyebabkan persaingan dalam dunia pendidikan tidak dapat dihindari, Agar bisa mempertahankan eksistensinya madasah dituntut untuk dapat memasarkan sekolahnya, karena bagaimanapun bagusnya suatu sekolah jika tidak dipromosikan secara maksimal akan berdampak pada minimnya jumlah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam penerimaan santri baru di MA. Unwanul Falah NWDI Paok Lombok. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan memaparkan data, menerangkan, memberikan gambaran yang terkumpul kemudian disimpulkan. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun strategi komunikasi yang digunakan dalam penerimaan santri di MA. Unwanul Falah adalah Promosi melalui Sosialisasi dan Media Cetak/Media Sosial). Produk terkait dengan output (luaran) yang dihasilkan berupa juara tingkat nasional dipelbagai bidang ilmu baik umum ataupun agama serta menghasilkan para penghafal al-Qur’an. Price (Biaya) yang sangat murah, bahkan memberikan gratis kepada anak yatim. Dan Place (Lokasi/Tempat) yang sangat strategis serta disediakan asrama tahfidz.
Downloads
References
Afidatun Khasanah, Pemasran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di SD Baturraden, Jurnal El-Tarbawi, Vol 8, No 2, Tahun 2015, Hlm. 166.
Bungin M. Burhan, Sosiologi komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana, 2009.
Djam`an Satori & Aan Komariah, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alpabeta, CV: Cetakan 6, 2014.
Efendi Onong Uchjana, Dinamika Komunikasi, Bandung: TP Remaja Rosdakarya, 2004.
-------------, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditiya Bakti, 2013.
-------------, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2007.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Metode Penelitian, Yogyakarta: C.V Andi Offset 2010.
Fathul Aziz, “Strategi Komunikasi Uin Mataram Dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2018”, Skripsi, FDIK UIN MATARAM, Mataram, 2020, Hal. 64
Fatimah, Redi “Studi Perbandingan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Di Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang Antara Teknik Komunikasi Online Dan Interpersonal”, Vol 12, Nomor 1, Juli 2020, hlm 80.
Fauziah, “Strategi Marketing Mix 4P Dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan”, Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, Vol. 6, No. 1, Tahun 2022, hlm. 3
Firdaus Fakhry Zamzam, Aplikasi Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2012.
Hafied Cangara, Prencanaan Dan Strategi Komunikasi, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
Ida suryani wijaya, “Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan”, Vol 13, Nomor 1, Juni 2015, hlm 54.
J, Salusu, Pengambilan Keputusan Strategi Untuk Organisasi Public Dan Non Profit, Jakarta: Grasindo, 2006.
Khirjan Nahdi, “Makna pendidikan nahdatul wathan telaah interpretatif visi kebangsaan dan religius refeleksi pemikiran dan perjuangan kyai hamzanwadi 1904-1997”, Vol 4, Nomor 2, Desember 2009.
Komanto Sunarto, Pengantar Sosiologi Edisi Revisi, Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesi, 2004.
Kusrini, Strategi Komunikasi Word of Mouth Sebagai Upaya Promosi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4 Nomor 1, Juni 2021, hlm. 2.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya, 2012.
Lukman Asha, Manajemen Pendidikan Madrasah Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah Dari Masa Ke Masa, Yogyakarta: Azyan Mitra Media, 2020.
Muhammad Vriyatna, Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Integral Luqman Al- Hakim Hidayatullah Surabaya, Jurnal Mumtaz, Vol 1, Nomor 1, Januari 2021, hlm. 11
Muri Yusuf, Metode Penelitian, Jakarta: PT Interpratama Mandiri, 2014.
Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Kataktristik Dan Keunggulannya, Jakarta: PT Grasindo, 2010.
Rismiatun, Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Budi Luhur, Jurnal Komunikasi, Vol. 11, Nomor 1, Maret 2020, hlm. 19
Ritzer, George. dkk Teori Sosiologi, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2009.
Saputro Joko Adi, Perbandingan Strategi Komunikasi Radio Local Di Yogyakarta Dalam Menjaring Iklan, Yogyakarta: 2016.
Selda Renalda, Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Madarijul ulum Penanggungan Kec. Gunung Alip Kab. Tanggamus dalam meningkatkan Minat Belajar Santri (Skripsi, FDIK Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung, 2020), hlm. 10.
Skripsi Arjun Prasetia, Strategi Komunikasi Mts.T. I Kerkap Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Dimasa Pandemic Covid 19, Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Bengkulu 2021. Hal. 24.
Sugiyino, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2014.
------------- , Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bandung: CV Alfabeta, 2012.
Z. Heflin Frinces, Strategi Memenangkan Perang Bisnis, Yogyakarta: Mida Pustaka, 2007.
Wawancara:
Abdurrahman, Bendahara MA UF NWDI Paok Lombok, Wawancara, Paok Lombok.
Faizin S. Sos, Pembina Pramuka MA UF NWDI Paok Lombok, Wawancara, Paok Lombok.
Ismun Parijah S. Pd, Pembina Osim MA UF NWDI Paok Lombok, Wawancara, Paok Lombok.
Syibawaih S. Pd, Waka Kesiswaan MA UF NWDI Paok Lombok, Wawancara, Paok Lombok.
Tohir S. Hum, Kepala Sekolah MA UF NWDI Paok Lombok, Wawancara, Paok Lombok.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lisa Asta Candra, Tita Intan Kurnia, Mohammad Alawi -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.