STRATEGI PEMASARAN TAMAN MAKAM WISATA LOANG BALOQ DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

Authors

  • Indana Vadiatunnisa UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/mudabbir.v5i2.12495

Keywords:

Strategi Pemasaran, Wisata Religi, Loang Baloq

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan di taman wisata Loang Baloq menurun dalam beberapa tahun terakhir dikarenakan  kurangnya strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman tentang daya tarik dan potensi yang ditawarkan oleh taman wisata Loang Baloq. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran wisata dan juga kendala-kendala apa saja yang dihadapi pengelola wisata religi Loang Baloq dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif . Penelitian kualitatif mencoba menguraikan realita ataupun fenomena yang ada di masyarakat dari sudut pandang informan atau orang yang berpatisipasi dalam penelitian tersebut. Realita atau fenomena tersebut dapat dapat dipahami melalui pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan pengelola taman wisata Loang Baloq yang paling mempengaruhi tingkat kunjungan adalah product sedangkan strategi pemasaran yang belum efektif dalam meningkatkan kunjungan kunjungan adalah promotion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dien Ayu Putra Pratama, “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq

Kelurahan Tanjung Karang”, (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Mataram, 2023).

Dinda Zizwatin Ainia, ‘’Peran Pemerintah Desa Sekapuk Dalam Pengembangan Objek Wisata

Bukit Setigi Desa Sekapuk ‘’, Jurnal Respon Publik, (Vol. 15, No. 6, Tahun 2021.

Ega Fadela Elwandani,” Analisis Strategi Pemasaran Wisata Religi Dalam Upaya Meningkatkan

Jumlah Kunjungan di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan”,(Skripsi, Sekolah Tinggi

Pariwisata AMPTA,Yogyakarta , 2017).

Evin, wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 30 April 2024

Hedi Kurniawan, “Promosi Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq Dalam Meningkatkan Citra”,

(Skripsi,Fisipol Universitas Muhammdaiyah Mataram, 2023), hlm 3

Juneria Tawa Sejahtri, “Strategi Pemasaran Daalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan

Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda”, Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL

UNMUL, (Vol.10.No.3),Thn 2022

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).

M.Setyo Nugroho, “Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai

Daya Tarik Wisata di Kota Mataram’’, Juornal Of Enterprise And Develoment,(Vol.1.No.1) Juni.

Thn 2019.

Nur Indah Sari, dkk, “ Peningkatan Spritualitas melalui Wisata Relisi di Makam Keramat Kwitang

Jakarta”, Jurnal Studi Al-Qur’an, , (Vol. 14, No. 1, Tahun 2018)

QS al-An’am [6 ]: 11-12

Rika, Wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 23 Mei 2024

Riki Irawan, “Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata DalaMMeningkatkan Jumlah Kunjungan

Wisatawan Di Kabupaten Pelalawan”, ( Skripsi, FEB Universitas Islam Riau, Riau, 2021.

Rismi Ilma Aprilya, ” Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan

Taman Salma Sofia Samarinda”,(Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas

Mulawarman, Samarinda, 2022).

Simpson,M. C. (2008). Community Benefit Tourism Initiatives, dikutip dari Lestari Oktalion Lili,

“Peran Pemerintah Desa Keditan Dalam Pembangunan Pariwisata”. Jurnal KRITIS, Vol.29.

Nomor.2.tahun 2020)

Sindi Safitri,”Pengelolaan Wisata Danau Bambu Terhadap Minat Pengunjung”,(Skripsi, Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN METRO, Lampung, 2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D, (Bandung: PT Alfabeta, 2017).

Sumasno Hadi, “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi”, Jurnal Ilmu

Pendidikan, (Vol.22, No.1, Thn 2016).Tamrin, wawancara, Destinasi Wisata Loang Baloq, 26 April 2024

Yulie Suryani, ‘’Magnet Wisata Religi Sebagai Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Kurai Taji

Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Inovassi Penelitian, VOL.2 NOMOR.1, Juni 2021.

Zainab, “ Dampak Sosial Ekonomi Dan Budaya Akibat Covid 19 Pada Objek Wisata Pantai

Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Menurut

Perspektif Ekonomi Islam” (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,

Published

2024-12-24

Issue

Section

Articles