DAKWAH DAKWAH INDUSTRI ANIMASI ISLAM

Studi Kasus Film Serial Upin & Ipin di MNCTV Perspektif Globalisasi

Authors

  • AMIROH NICAHYATUN MUNIR AZIZAH Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/mudabbir.v2i2.4182

Keywords:

Globalisasi, Film Animasi Upin & Ipin, Dakwah

Abstract

Konsekuensi dari berkembangnya sains dan teknologi modern, terutama pada bidang komunikasi adalah munculnya globalisasi. Dalam globalisasi, komunikasi menjadi suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Salah satu media komunikasi yang menarik untuk kita amati adalah televisi, karena dianggap sebagai produk globalisasi yang mampu memfasilitasi penyebaran identitas global pada ranah lokal. Salah satu film animasi yang hadir di masyarakat Indonesia adalah animasi Upin & Ipin yang berasal dari Malaysia. Kemudian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana dakwah dalam film serial Upin & Ipin di stasiun televisi MNCTV perspektif globalisasi dan sejauh mana film animasi Upin & Ipin menghomomogenisasi budaya Indonesia. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Objek penelitian ini adalah film animasi Upin & Ipin di MNCTV. Dalam membedah kasus ini, akan digunakan teori Gill Branston dan Roy Stafford tentang globalisasi. Teori globalisasi dibahas pada berbagai perspektif dan pendekatan, seperti pendekatan imperialisme budaya, homogenisasi dan oligopoli. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah yang disampaikan oleh film animasi Upin & Ipin adalah adanya aspek akhlak, akidah dan syariah. Imperialisme budaya yang mempengaruhi anak-anak Indonesia adalah imperialisme budaya dalam bentuk bahasa. Adapun homogenisasi yang terjadi adalah segala macam tingkah laku (ideologi) dan aksesoris sangat digandrungi oleh anak-anak kecil di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Samsul Munir. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah, 2008.

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2012.

Azizy, Qodri. Melawan Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Battersby, Paul and Joseph M Siracusa. Globalization and Human Security. United States of America: Royman and Little Field Publisher, 2009.

Branston, Gill and Roy Stafford. The Media Student’s Book: Fifth Edition. London: Routledge, 2010.

Chapman, Jane. Comparative Media History: An Introduction. Cambridge: Polity Press, 2002.

Hamid, Abdul & Beni Ahmad Saebani. Fiqih Ibadah: Refleksi Ketundukan Hamba Allah Kepada al-Khaliq Perspektif al-Qur’an dan al-Sunnah. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Ibrahim, Idi Subandy & Bachruddin Ali Ahmad. Komunikasi & Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Junaedi. Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Jakarta: Penerbit Santusta, 2007.

Kuswandi, Wawan. Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996.

Labib, Muhammad. Potret Sinetron Indonesia. Jakarta: PT Mandar Utama Tiga Books Division, 2002.

Orman, John. Language Policy and Nation-Building in Post-Apartheid South Africa. Vienna: Sping, 2008.

Pratisti, Wiwien Dinar. Psikologi Anak Usia Dini. Bogor: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2008.

Qaradhawi, Yusuf. Islam dan Globalisasi Dunia. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2001.

S Herman, Edward dan Robert W McChesney. The Global Media The New Missionaries of Corporate Capitalism. London: Cassell, 1997.

Suryono, Agus. Teori & Strategi Perubahan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Thompson, John B. The Media and Modernity: A Social Theory of the Media. Cambridge: Polity, 1997.

Tomlison, John. 1999. Globalization and Culture. Cambridge: Polity Press. Lihat dalam Larasati, Dinda. Globalisasi Budaya dan Identitas: Pengaruh dan Eksistensi Hallyu (Korean Wave) versus Westernisasi di Indonesia.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.

Ahmad, Nur. Mewujudkan Dakwah Antar Budaya dalam Perspektif Islam. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 3, No. 1, Juni 2015.

Fuadi, Maimun. Budaya Lokal Versus Budaya Global. At-Turas, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2014.

Hamid, Abdul. Globalisasi dan Tantangan Dakwah. Jurnal Kordinat, Vol. XVI, No. 1, April 2017.

Heryanah. Politik Bahasa. Jurnal Msyarakat dan Budaya, Vol. 5, No. 1, 2003.

Jamil, Rahmmad. Peranan Pembelajaran Modeling dalam Meningkatkan Keterampilan Beribadah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)-3 Medan. Jurnal ANSIRU, Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Larasati, Dinda. Globalisasi Budaya dan Identitas: Pengaruh Eksistensi Hallyu (KoreanWave) versus Westernisasi di Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, Vol. XI, No. 1, Januari-Juni 2018.

Meyrowitz, Joshua. 1985. No. Sense of Place: The Impact of Electronic Media on Social Behaviour. New York: Oxford University Press. Lihat dalam Fuadi, Maimun. Budaya Lokal Versus Budaya Global. Jurnal at-Turas, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2014.

Santoso, Budi. Bahasa dan Identitas Budaya. Jurnal Sabda, Vol. 1, No. 1, September 2006.

Shoaib, Shandana dan Bahaudin G Mujtaba. Use It or Lose: Prudently Using Case Study as a Research and Educational Strategy. American Journal of Education and Learning, Vol. 1, No. 2, 2016.

Nadhiroh, Zumrotun. “Nilai-nilai Dakwah dalam Film Upin dan Ipin Episode 1-10 di MCN TV”. (Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011).

Bakti, Andi Faisal. Globalisasi: Dakwah Cerdas Era Globalisasi Antara Tantangan dan Harapan. Lihat: http://www. andifaisalbakti. net/MakalahDAKWAH …, 2014. Diakses pada tanggal 28 Juni 2020.

Downloads

Published

2021-12-23