STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH BSI (BANK SYARIAH INDONESIA) DI MEDAN TEMBUNG SUMATERA UTARA

Authors

  • Nadia Cahaya Amanda Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Zen Unniversitas Islam Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/mudabbir.v4i1.7338

Keywords:

: Strategi, Pemasaran, Produk, Pembiayaan Murabahah, BSI.

Abstract

Abstract: Tujuan penelitian ini diteliti untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia dalam memasarkan produk pembiayaan murabahahnya Adapun sumber data yang digunakan melaui observasi, interview dan dokumentasi serta referensi dari jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Bank Syariah Indonesia (BSI) Medan Tembung menggunakan strategi pemasaran  4P (place. product, price dan promotion). Strategi yang sering digunakan yaitu pemasaran produk dibandingkan dari ketiga strategi lainnya. Melalui strategi produk, nasabah akan mengetahui kelebihan serta kekurangan produk pembiayaan murabahah.  Strategi pemasaran produk lebih menarik untuk memikat nasabah agar menggunakan produk-produk yang ditawarkan dari Bank Syariah Indonesia (BSI)

Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Produk, Pembiayaan Murabahah, BSI.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Ali, Zainuddin. Hukum Perbankan Syariah. (Jakarta: Sinar Grafika, 2008).

Antonio, Syafi’I. Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cet. 1. (Jakarta: Gema Insani, 2001).

Clausewitz, Carl Von. Principles of War, translated and edited with an introduction by Hans W. Gatzke. (New York: Dover Publications inc, 2013).

Dimas Hendika Wibowo dan Zainul Arifin Sunarti. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Adminisrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No. 1. (Malang: Universitas Brawijaya, 2015).

Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis Islam Teoritis dan Praktis. (Jakarta: Salemba Empat, 2006).

Djuwaini, Dimyauddin. Pengantar Fiqih Muamalah. (Yogyakarta: Pusaka Belajar, 2010).

Firdaus, Muhammad NH, dkk. Konsep dan Implementasi Bank Syariah. (Jakarta; Renaisan, 2005).

Griffin W Ricky dan Ronald J Ebert. Business Essentials. (New Jersey: Prentice Hall, 1999).

Gunawan, C.I, Mukoffi, A dan Handayanto, A.J. Strategi Perbankan Syariah. (M.A. Maulyda (Ed); issue 1). CV. IRDH (Research dan Publising). 2017.

Kashmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi 6. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014).

Kurniawan, Arif Rakhman. Total Marketing. (Yogyakarta: Kobis, 2014).

Muhammad. Manajemen Bank Syariah. (Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005).

Prihatta, Hajar Swara. Pemasaran dalam Perspekif Ekonomi Islam. Vol 8 No.1 Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam. 2018.

Pradja, Juhaya S. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. (Bandung: Pustaka Setia, 2013).

Philip Kotler dan Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Terjemahan. Edisi 13, Jilid 1. (Jakarta: Erlangga, 2008).

Rjofita, Hendra. Strategi Pemasaran. (Pekan Baru: Mutiara Pesisir Sumatera, 2015).

Sumitro, Warkum. Azaz-azaz Perbankan Islam dan Lembaga-Lembaga Keuangan Terkait. Cet. 4. (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2004).

Syafril. Bank & Lembaga Keuangan Modern Lainnya. (Kecana: Jakarta 2020).

Veithzal Rival dan Andria Permata Veithzal. Islamic Financial Management. (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008).

Wiroso. Jual Beli Murabahah. (Yogyakarta: UII Press, 2005).

Downloads

Published

2023-06-28